Rabu, 28 Maret 2012

Oleh-Oleh Makassar

Oleh-Oleh Makassar
Oleh-Oleh Makassar yang ingin admin berikan dari makassar kali ini bukanlah film, tapi oleh-oleh makassar yang admin maksudkan adalah informasi yang sangat menarik bagi para pengunjung setia blog ini. Informasi tersebut berupa Oleh-Oleh Makassar yang merupakan ciri khas dari Kota Daeng. Sebelum berbicara mengenai oleh-oleh makassar tersebut ada kiranya admin sedikit berbicara tentang beberapa tempat menarik dimakassar yang bisa dijadikan sebagai alternatif wisata kuliner, wahana rekreasi, dan tempat wisata.





Pantai Losari



Oleh-Oleh Makassar
Pantai Losari merupakan salah satu kawasan kuliner terbesar di Sulawesi Selatan, selain keindahan pantainya yang tak diragukan lagi, pengunjung juga disajikan dengan berbagai jajanan khas kota makassar mulai dari kue tradisional sampai pada SEA FOOD..Kawasan ini setiap harinya dibanjiri pengunjung mulai dari penduduk lokal, luar daerah bahkan wisatawan dari berbagai negara kerap bercampur baur ditempat ini.







Benteng Rotterdam

Oleh-Oleh Makassar
Salah satu obyek wisata yang terkenal dimakassar selain melihat benteng serta museum Lagaligo adalah menjenguk ruang tahanan sempit Pangeran Diponegoro saat dibuang oleh Belanda sejak tertangkap ditanah Jawa. Perang Diponegoro yg berkobar diantara tahun 1825-1830 berakhir dengan dijebaknya Pangeran Diponegoro oleh Belanda saat mengikuti perundingan damai. Pangeran Diponegoro kemudian ditangkap dan dibuang ke Menado, lantas tahun 1834 ia dipindahkan ke Fort Rotterdam.

Dikawasan inipun kita bisa menjumpai aneka kuliner khas kota makassar





Bantimurung

Oleh-Oleh Makassar
Bantimurung merupkan salah satu objek Wisata terbaik di Sulawesi Selatan memiliki Air Terjun yang spektakuler ini terletak di bukit kapur curam dengan vegetasi tropik yang subur. Habitat Kupu-Kupu indah dan terdapat jenis kupu-kupu langka, serta terdapat Penangkaran Kupu-kupu sebagai perlindungan dari kepunahan jenis-jenis yang dianggap langka tersebut. Kawasan Objek Wisata Bantimurung juga sering di sebut sebagai Kingdom Of Butterfly oleh para wisatawan terutama wisatwan mancanegara karena apabila kita memasuki kawasan objek wisata Bantimurung tersebut maka akan disambut ribuan kupu-kupu indah beterbangan di sekitar kita. Bukan hanya air terjun dan habitat kupu-kupunya Objek wisata Bantimurung juga terdapat Gua-gua, Habitat Kera Ekor Panjang pada sore hari akan turun gunung bercengkrama dengan para pengunjung. Terdapat pula fasilitas Kolam Renang bagi anak-anak dan fasiltas OutBond nan menantang adrenalin para pengunjung. Cerminan bahwa Bantimurung Objek Wisata terbaik di Sulawesi Selatan terlihat setelah anda menikmati semua wahana yang ada. Selain aneka jajanan serta kuliner, disepanjang kawasan ini juga tersedia banyak oleh-oleh makassar yang bisa dibawah pulang. (dualima.com)



Beberapa kuliner dan jajanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh makassar yaitu :



COTO MAKASSAR



Oleh-Oleh Makassar
Masakan khas daerah berupa sop berkuah dengan bahan-bahan dasar yang terdiri dari usus, hati, otak, daging sapi atau kuda, dimasak dengan bumbu sereh, laos, ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih, garam yang sudah dihaluskan, daun salam, jeruk nipis, dan kacang. Pada umumnya Coto Makassar disajikan/dimakan bersama ketupat.

Nikmati makanan ini disekitar jalan Gagak







SOP SAUDARA



Oleh-Oleh Makassar
Masakan khas daerah yang berupa sop berkuah dengan bahan-bahan dasar seperti daging sapi/kerbau yang dimasak dengan aneka bumbu dan disajikan bersama nasi putih atau ketupat dengan Ikan Bakar sebagai tambahan lauknya.

Nikmati makanan ini disekitar jalan DR. Wahidin Sudirohusodo



Selain masakan khas tersebut diatas, masih banyak lagi masakan khas Makassar lainnya, seperti Pallu Mara, Pallu Basa (bisa dinikmati malam di jalan Onta dan siang di jalan Serigala), Pallu Ce'la, Pallu Kaloak (Sop Kepala Ikan, nikmati di jalan Tentara Pelajar), aneka Seafood, dan lain sebagainya.



PISANG EPE'



Oleh-Oleh Makassar
Makanan khas daerah yang terbuat dari pisang kepok yang mengkal, dibakar dan dipipihkan. Pisang Epe' disajikan dengan kuah air gula merah yang biasanya telah dicampur dengan durian atau nangka yang aromanya dapat membangkitkan selera.











ES PISANG HIJAU



Oleh-Oleh Makassar
Terbuat dari pisang raja, dibungkus dengan tepung terigu yang sudah diberi santan dan air daun pandan sebagai pewarna dan pengharum sehingga berwarna hijau, disajikan dengan saus yang diberi es serut dan sirop.













BARONGKO



Oleh-Oleh Makassar
Barongko adalah makanan penutup khas daerah Bugis-Makassar yang dibuat dari buah Pisang Kepok matang yang dikukus dengan daun pisang. Dahulu pada masa pemerintahan kerajaan di Sulawesi Selatan, Barongko merupakan makanan penutup yang mewah, dan hanya disajikan untuk Raja-raja, dan disajikan pada moment-moment tertentu, seperti acara perkawinan, ulang tahun, dan lain.Untuk menambah cita rasa dan selera, bahan dasar Barongko biasanya ditambah dengan irisan buah Nangka atau Kelapa muda.





ES PALLU BUTUNG



Oleh-Oleh Makassar
Terbuat dari pisang yang sudah dipotong-potong, dimasak dengan santan yang diberi tepung terigu, gula pasir, vanili, serta sedikit garam dan disajikan dengan es serut dan sirop merah.













Aneka Jajanan Kue yang juga bisa dijadikan sebagai Oleh-Oleh Makassar :



Baruasa



Oleh-Oleh Makassar
Pecah seribu adalah ciri khas Baruasa (kue tradisional Bugis Makassar) yang kami pertahankan dari yang terdahulu, kue ini dengan latar belakang masa lalu (tradisional Bugis Makassar) dengan Home industry beratribut Panorama Food tak dapat dipandang sebelah mata. Butik kue tradisional yang berdiri sejak Tahun 2002, cukup berkembang dengan target high-end customers, sebuah layanan produksi kue khas yang telah telah turun-temurun diolah oleh tenaga professional.

Untuk informasi lebih lanjut dan terlengkap tentang aneka jajanan yang bisa dijadikan khas kota makassar silahkan menuju kesitus resminya di PANORAMA FOOD.











Oleh Oleh MakassarPanorama Food Memproduksi kue tradisional Bugis Makassar yang diolah dari bahan baku pilihan dengan resep asli tradisional tanpa bahan pengawet.

Tersedia dalam kemasan Dos dan Toples, dengan tidak meninggalkan kesan corak budaya Bugis Makassar . Cocok untuk oleh-oleh atau buah tangan buat

keluarga dan teman-teman. Hubungi ;(0411) 248 7603 Hp. 085 255 924 999.



Nach demikianlah oleh-oleh makassar yang ingin admin sampaikan hanya sekedar ingin berbagi informasi bahwa makassar juga memiliki kualitas wisata kuliner dan jajanan yang lezat..Anda ingin melepaskan GALAU, visit makassar..berminat..??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar